10 Cara Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Anda

Setiap kali Anda meraih remote dan menyalakan TV, ada banyak iklan yang mempromosikan berbagai suplemen herbal dan penawaran untuk ekstrak buah eksotis. Penawaran ini dikatakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, tapi tidakkah Anda bertanya-tanya apakah benar-benar ada kebenaran di balik klaim ini?

Kata “dorongan” berarti menguatkan atau menambah sesuatu. Namun, periset mengatakan bahwa kita tidak dapat “meningkatkan” atau menambah sistem kekebalan tubuh kita. Tapi, kita dapat memastikan bahwa sistem kekebalan tubuh kita berkinerja pada efisiensi optimalnya.

Bila Anda menganggap bahwa sistem kekebalan tubuh Anda bukan hanya satu organ, melainkan sistem organ yang saling berhubungan. Oleh karena itu, kapan pun Anda mengacu pada “sistem kekebalan tubuh”, Anda mungkin benar-benar mengacu pada respons kekebalan tubuh Anda.

Respon kekebalan tubuh adalah proses perlindungan di mana kekuatan pertahanan tubuh Anda secara aktif mengenali bakteri, virus, dan jamur yang menyerang. Ini kemudian melepaskan antibodi-antibodi yang menandai penyerbu sehingga makrofag dan fagosit dapat mengelilingi penyerang dan melahapnya.

Bila sistem kekebalan tubuh Anda meningkat, Anda ingin agar respons kekebalan Anda efisien dalam mengenali antigen, dan untuk mengusir dan menghilangkan penyakit atau infeksi apa pun.

10 Cara Alami Anda Dapat Meningkatkan Imunitas Anda

1. “Makan sehat.” Makanlah banyak sayuran dan buah-buahan. Jauhi makanan olahan karena ini cenderung telah dilucuti dari nutrisi alami. Vitamin dan mineral biasanya tidak tersimpan dalam tubuh sehingga Anda benar-benar perlu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan trace mineral secara konsisten. Antioksidan adalah nutrisi utama dalam meningkatkan kekebalan tubuh, dan terutama vitamin C dan berbagai vitamin B.

2. Minum alkohol secukupnya dan bertanggung jawab. Alkohol melemahkan hati dan ginjal Anda. Bila organ lemah, mereka tidak bisa membantu dalam melawan infeksi.

3. Jauhi jumlah kafein dan nikotin dalam jumlah banyak. Ini adalah stimulan dan terlalu banyak hal ini dapat mengganggu pola tidur Anda.

4. Istirahat dan tidur yang cukup. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara 7-9 jam tidur setiap malam.

5. Sediakan sinar matahari secukupnya untuk mendapatkan Vitamin D.

6. Lakukan latihan yang cukup. Latihan meningkatkan sirkulasi darah dan itu adalah darah yang membawa kekuatan pertahanan tubuh ke tempat infeksi.

7. Hindari permen. Gula mendorong pertumbuhan dan proliferasi bakteri.

8. Bawang putih memiliki khasiat antibiotik dan anti-inflamasi. Mengkonsumsi bawang putih segar bisa membantu Anda melawan penyakit.

9. Pastikan sistem pencernaan Anda memiliki jumlah bakteri baik yang sehat. Bakteri yang baik membantu Anda mencerna makanan dan memeras lebih banyak nutrisi dari makanan Anda. Bakteri baik juga bertemu dan melawan bakteri jahat yang Anda konsumsi.

10. Pertahankan kebersihan yang baik. Cuci tangan Anda, sikat gigi dan mandi secara teratur. Melakukan hal ini menghilangkan bakteri, virus dan jamur yang Anda ambil dengan tangan dan kulit Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*